Sabtu, 07 November 2015

RPP IPS V



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 4 – 6 (3 minggu) - Pert. 7 – 8 (2 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.       Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.1    Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menjelaskan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
§  Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 4 - 6)
·       Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda
F Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
F Mengadakan tanya jawab mengenal lembaga-lembaga bentukan Jepang
F Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

 (Pertemuan 7 - 8)
·       Pendahuluan
-      Bertanya jawab sesuai dengan materi
-      Memberi penjelasan singkat tentang peranan pemuda
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan secara singkat latar belakang munculnya pergerakan nasional
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menugaskan siswa untuk membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker
F Menugaskari siswa untuk membuat laporan tentang tokoh pejuarig yang ada di provinsi tempat tinggalnya
F Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang konggres pemuda I dan II
F Menugaskan siswa membuat catatan mengenal peranan tiga tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda
F Menugaskan setiap siswa menjawab pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan Indonesia
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memandu siswa untuk menyimpulkan pentingnya pembentukan organisasi pergerakan nasional
F Mendorong siswa untuk melakukan tugas pembiasaan agar siswa dapat mencontoh sikap-sikap terpuji pars pahlawan pergerakan nasional
F Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar, Peta
§  Sumber          :   Pengetahuan Sosial


VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§  Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§  Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§  Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
§  Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§  Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§  Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§  Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§  Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
Tertulis

Uraian
Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5






  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 9 – 11 (3 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.2  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 9 – 11)
·       Pendahuluan
-      Melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
-      Bertanya jawab. dengan siswa mengenai tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan penting usaha dan kerja keras para tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi tugas melakukan studi pustaka secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan
F Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya perumusan dasar negara bagi Indonesia secara berkebmpok
F Menugaskan siswa mengenali tokoh-tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
F Menugaskan siswa untuk menuliskan bagaimana cara menghargai para pahlawan
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          : Pengetahuan Sosial

VII.                           Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis

Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 12 – 14 (3 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.3   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Proklamasi kemerdekaan Indonesia

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)
·       Pendahuluan
-      Mengajak siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar
-      Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan
F Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
F Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
F Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Memberi motivasi
F Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          :   Buku IPS kelas
                                      Buku penunjang yang relevan

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 15 – 16 (2 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.4  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Proklamasi kemerdekaan Indonesia

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 15 – 16)
·       Pendahuluan
-      Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh perjuangan, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan secara singkat sesuai materi
F Mengadakan tanya jawab tentang cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
F Guru menjelaskan cara bersikap menghargai para tokoh perjuangan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan bimbingan guru, siswa mengadakan diskusi tentang cara mengenang tokoh perjuangan kemerdekaan
F Secara bergantian siswa menunjukkari sikap menghargai para tokoh perjuangan
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Mengadakan tes tertulis (uji kompetensi)

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          : Buku IPS kelas V yang relevan




VII.                           Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
­       

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          ..................................                                            ..................................
NIP :   NIP

Tidak ada komentar: