RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 06 KEMBANG KERANG
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar
Kompetensi :1. Melakukan operasi hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar :1.1 Menggunakan sifat-sifat pengerjaan
hitung termasuk pegerjaan hitung campuran, FPB, dan KPK.
Indikator
:1.1.1 Menyelesaikan
pengerjaan hitung menggunakan sifat komutatif maupun distributif.
1.1.2 Menyelesaikan perhitungan dengan cepat
pada pengerjaan hitung campuran.
Alokasi
Waktu : 4. jam pelajaran (2 kali
pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan menylesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari dengan operasi hitung
2. siswa dapat menyelesaikan pengerjaan hitung dengan
menggunakan sifat komutatif, sifat distributif, dan sifat campuran.
B. Materi Ajar
1. Operasi hitung.
C.
Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan, dan tugas.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama (3 × 40 menit)
Pendahuluan
1. Guru
memberikan salam dan membuka pembelajaran dengan mengucapkan basmalah serta
berdoa sebelum mulai belajar
2. Guru
memberikan games/permainan sebelum mulai pembelajaran
3. Guru
bertanya mengenai materi yang akan dibahas atau tentang pengerjaan hitung
4. Guru
memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi operasi hitung
2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan memberikan
LKS
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
4. Siswa diminta berdiskusi menyelesaikan beberapa soal yang
ada di LKS yang mengandung sifat komutatif dan distributif
5. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya dan
siswa lain menanggapi
Penutup
1.
Siswa
dan guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
2.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa
3. Guru
menginformasikan kepada siswa materi berikutnya
4. Guru
mengahiri pembelajaran dengan bersama-sama dengan siswa melafaskan alhamdalah
Pertemuan Kedua (3 × 40 menit)
Pendahuluan
1. Guru
memberikan salam dan membuka pembelajaran dengan mengucapkan basmalah serta
berdoa sebelum mulai belajar
2. Guru
memberikan games/permainan sebelum mulai pembelajaran
3. Guru
bertanya mengenai materi yang sudah dibahas minggu lalu dan membahas Tugas
Rumah
4. Guru
memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi pengerjaan
hitung campuran
2. Siswa diberi kesempatan untuk
menanyakan yang belum dipahami
3. Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok diskusi.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa
diharapkan dapat:
a. menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan pengerjaan hitung campuran.
5.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapi.
Penutup
1. Siswa dan guru melakukan refleksi
kegiatan peembelajaran yang telaah dilakukan.
2.
Guru memberi tugas rumah.
3. Guru menginformasikan kepada
siswa materi berikutnya
4.
Guru menutup pembelajaran dengan bersama-sama
dengan siswa melapaskan hamdalah
E.
Alat dan Sumber Belajar
Buku
teks dan kapur tulis/spidol.
F. Penilaian
Teknik
tes : Tes tertulis
Bentuk instrumen : Isian dan uraian
Contoh
instrumen :
1.
25 × 17 = 17 × n, n = . . .
2.
18 × 125 + 625 : 5 = . . .
3. Buatlah
minimal dua contoh dari masing-masing sifat dari operasi hitung (komutatif,
asosiatif dan distributif)
4. 120
– 30 : 6 = ………….?
5. 30
+ 6 x 7 – 100 : 25 =….?
Mataram
11 Oktober 2015
Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
Tarpi,
S.pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar